Bagian Penting Dari Tubuhmu

30 Januari 2009 at 10:56 am (Uncategorized)

Suatu ketika seorang ibu bertanya kepada anak laki-lakinya, nak bagian tubuh apa yang paling penting? bertahun-tahun anak itu menebak dengan jawaban yang dia anggap benar.  Ketika kecil anak itu berpikir bahwa suara adalah hal yang terpenting, sehigga dia jawab ” telinga Bu” . Tetapi ternyata bukan itu jawabannya.

“Bukan itu, nak banyak orang yang tuli. tetapi tetaplah memikirkannya dan aku akan menanyakan lagi nanti”.

Beberapa tahun kemudian, sang anak mencoba menjawab sebelum ibunya bertanya lagi padanya. Sejak jawaban pertama, kini dia yakin bahwa jawaban yang dijawabnya kali ini pasti benar. jadi kali ini dia menjawab “Bu, penglihatan sangat penting bagi semua orang, jadi pastilah mata kita”

Lalu sang ibu memandang anaknya dan berkata ” Kamu belajar dengan cepat, tapi jawabanmu masih salah, karena banyak orang buta.”

Gagal lagi, lalu dia meneruskan usahanya mencari jawaban yang benar dari tahun ke tahun. Setiap kali Ibunya bertanya selalu jawabnya,”Bukan. tapi kamu makin pandai dari tahun ke tahun, anakku”

Akhirnya tahun lalu, Kakeknya meninggal. Semua keluarga sedih. Semua menangis. saat itu Ibu memandangnya ketika tiba giliran Dia mengucapkan selamat tinggal kepada kakek. Ibu bertanya padanya. ” Apakah kamu tau bagian tubuh yang paling penting, Sayang?”

Dia terkejut ketika Ibu bertanya seperti itu. Ibu melihat kebingungan di wajah anaknya lalu memberitahukan bahwa “pertanyaan ini sangat penting. ini akan menunjukkan padamu apakah kamu sudah benar-benar ‘hidup’. Untuk semua bagian tubuh yang kamu beritahu padaku dulu, aku selalu berkata kamu salah dan aku telah memberitahumu kenapa. Tapi hari ini adalah dimana kamu harus mendapat pelajaran yang sangat penting”. Ibu memandang Dia dengan wajah keibuan. Terlihat matanya penuh dengan air. Lalu sang ibu berkata ” Bagian tubuh yang paling penting adalah bahumu.”

Dia terheran lalu bertanya kepada Ibu “Kenapa?, apakah fungsinya menahan kepala?”. Ibu membalas “Bukan, tapi karena bahu dapat menahan kepala seseorang teman atau orang yang kamu sayangi ketika mereka menangis. kadang dalam kehidupan ini, semua orang perlu bahu untuk menangis. aku cuma berharap kamu punya cukup kasih sayang dan teman-teman agar kamu selalu punya bahu untuk mengangis kapan pun kamu membutuhkannya.”

Bagian tubuh paling penting adalah tidak menjadi orang yang memntingkan diri sendiri. Tapi, simpati terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain. orang akan melupakan apa yang kamu katakan. Orang akan melupakan apa yang kamu lakukan. Tapi, orang tidak akan pernah lupa bagaimana kamu membeuat mereka berarti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: