Soal Try Out Kalkulus 2 NATC

12 Mei 2010 at 1:13 pm (Uncategorized)

Berikut adalah soal-soal Tryout kalkulus dan soal-soal latihan untuk persiapan UAS kalkulus 2 ITB beserta jawabannya.

Soal Try Out :
Try Out UAS Kalkulus 2

Soal Tambahan :
1. Soal persiapan UAS Kalkulus II ITB _soal dari Bahtiar untuk arsip_

2. Latihan UAS Kalkulus II NATC

.: Semoga Lancar Ujiannya :.

Iklan

Permalink Tinggalkan sebuah Komentar

Jaket HIMMPAS (HIMPUNAN MAHASISWA MUSLIM PASCA SARJANA) ITB

11 Mei 2010 at 4:06 am (Uncategorized)

Bagi yang berminat silahkan saja hubungi Rian 085640243026

Pemesanan paling lambat hari Sabtu 15 Mei 2010 (langsung bawa uangnya yah..)

Harga Rp 100.000,-, kalau mau berinfak bisa bayar Rp 110.000,-
cantumkan ukuran dan nama.
Ukuran mulai dari S hingga XLLLLLLL..
berikut desain jaketnya :

Jaket HIMMPAS

Jaket HIMMPAS

Permalink Tinggalkan sebuah Komentar

Jawaban TO UTS II KALKULUS II NATC

22 April 2010 at 3:35 pm (Uncategorized)

jwbn TO UTS II KALKULUS II NATC

Silahkan di download

Permalink Tinggalkan sebuah Komentar

Rangkuman Materi Ujian Masuk S2 TMI ITB 2008

22 April 2009 at 1:12 am (Uncategorized)

Ini buat temen-temn yang mau masuk S2 TMI-ITB mudah-mudahan bermanfaat

Tesnya dilakukan dalam 1 hari, dan masing-masing materi sekitar 30 menit bersifat esay atau isian pendek, tapi jangan kawatir tes ini hanya mengukur sejauh mana kemampuan mahasiswa. Jika tesnya gagal maka wajib mengikuti Program Matrikulasi selama kurang lebih 2 bulan penuh. dan harus lulus, kalau tidak lulus matrikulasi tersebut wajib mengulangnya pada tahun depannya. Salah satu syarat boleh ikut sidang S2 adalah telah lulus matrikulasi. Materi yang diujikan :

  • Metode Kuantitatif
  1. Tentang Regresi Linear (interpretasi dari y= ax+b, uji regresi , penjelasan tentang koefisien determinasi)
  2. Distribusi Normal (menghitung perluang distribusi Normal, menghitung nilai Z, penjelasan tentang distribusi normal)
  3. Operation Research (menentukan fungsi tujuan, kendala, metode Grafis/Simpleks)
  • Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi (PSKE)
  1. Metode Sampling
  2. Desai PDA (pake precentile, data antropometri)
  3. Waktu Baku (pengertian, cara menghitung)
  4. Menghirung produktivitas kerja
  • Analisis Perancangan Teknik Industri (APTI)
  1. Membuat Master Production Schedule
  2. Pengertian dan penjelasan tentang istilah istilah (JIT, MRP, Lean Manufacturing, dll)
  • Analisis Biaya dan Ekonomi Teknik (berbentuk soal cerita)
  1. Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)
  2. Menghitung NPV, IRR dll

Setelah Tes diadakan wawancara, wawancara ini lebih mengali informasi tentang diri kita, motivasi kuliah, penjelasan tentang perkuliahan di ITB, topik tugas akhir membicarakan tentang apa, karir kedepan, biaya kuliah, dll, sisanya tergantung pewawancaranya

hasil dari matrikulasi akan diberitahu lewat telpon, satu orang bisa saja hanya wajib ikut 1 matakuliah atau 4 matakuliah sekaligus. khusus yang S1nya dari TI-ITB mulai angkatan 1998 tidak perlu mengikuti ujian matrikulasi, dapat dianggap sudah lulus matrikulasi. buaya matrikulasi tahun 2008 1 materi sebesar Rp 250 000,-. 1 mata kuliah biasanya kuliahnya 4-6 sks seminggu, jadi kalau ikut seluruhnya paling tidak kuliah 24 jam seminggu, belum lagi setiap setelah kuliah pasti ada tugas menumpuk. jadi siap2 diforsir belajar penuh…

tapi anjuran saya jika tidak punya latarbelakang background TI sebaiknya ikut program matrikulasi supaya ketika kuliah tidak bingung dengan istilah-istilah TI, dan bekal pengetahuan keilmuan TI cukup. selain itu juga manfaatnya kita bisa kenal semua dosen di TI, kenal semua mahasiswa seangkatan lebih cepat,

ini adalah informasi yang saya rangkum dengan referensi dari teman-teman S2-MTI angkatan 2008, semoga dapat membantu

Permalink 4 Komentar

Kesibukan adalah Pembelajaran

19 Maret 2009 at 10:07 am (Uncategorized)

Gak kebayang hidup cuma punya waktu 24 jam sehari. Tiap hari mesti aktif, bangun pagi kuliah, kalo gak ada kuliah, ke kantor, kalo sore n malem ngajar, kalo gak ngajar baca buku atau ngerjain tugas.. Gak jarang juga ngerjain tugas sampe tengah malem bahkan gak tidur, besok paginya rutinitas lagi. kalau hari sabtu ada jadwal kumpul Tutor dan pastinya juga ada jadwal maen futsal atau maen bola. berharap tiap hari minggu kosong tapi tetep aja harus ada yang dikerjain.

Ada yang bilang bahwa “bisa karena biasa”. Ketika hidup sudah terbiasa dengan keadaan seperti ini terkadang merindukan masa-masa kecil yang beralari bebas, tertawa riang dan tidur melepas lelah di pangkuan Bunda.

Dulu waktu SMA juga menjalani rutinitas yang sama, pulang sekolah latihan, tanding atau sibuk dengan kegitan OSIS. Waktu S1 juga sibuk dengan Organisasi, beberapa kali harus keluar kota bahkan keluar pulau begitu pulang tugas kuliah menumpuk..bener-bener capek.

Setelah ku pikir memang rutinitas benar-benar melelahkan, tapi yang aku lalukan belum seberapa. Masih banyak orang-orang lain yang bekerja sangat keras demi menghidupi keluarga..  Jaman perjuangan para pemimpin Negeri ini berjuang siang malam tidak hanya fisik yang dikorbankan tapi juga darah dan nyawa..Sangat Ironis jika mengeluh kalau hanya menjalankan rutinitas seperti ini. Harusnya aku bersyukur dengan keadaan ini karena disinilah momen terbaik untuk belajar. Belajar dari sesuatu yang tidak tampak.. Aku berharap diberikan cukup kekuatan untuk menjadi Fighter Sejati..

Permalink 2 Komentar

Bagian Penting Dari Tubuhmu

30 Januari 2009 at 10:56 am (Uncategorized)

Suatu ketika seorang ibu bertanya kepada anak laki-lakinya, nak bagian tubuh apa yang paling penting? bertahun-tahun anak itu menebak dengan jawaban yang dia anggap benar.  Ketika kecil anak itu berpikir bahwa suara adalah hal yang terpenting, sehigga dia jawab ” telinga Bu” . Tetapi ternyata bukan itu jawabannya.

“Bukan itu, nak banyak orang yang tuli. tetapi tetaplah memikirkannya dan aku akan menanyakan lagi nanti”.

Beberapa tahun kemudian, sang anak mencoba menjawab sebelum ibunya bertanya lagi padanya. Sejak jawaban pertama, kini dia yakin bahwa jawaban yang dijawabnya kali ini pasti benar. jadi kali ini dia menjawab “Bu, penglihatan sangat penting bagi semua orang, jadi pastilah mata kita”

Lalu sang ibu memandang anaknya dan berkata ” Kamu belajar dengan cepat, tapi jawabanmu masih salah, karena banyak orang buta.”

Gagal lagi, lalu dia meneruskan usahanya mencari jawaban yang benar dari tahun ke tahun. Setiap kali Ibunya bertanya selalu jawabnya,”Bukan. tapi kamu makin pandai dari tahun ke tahun, anakku”

Akhirnya tahun lalu, Kakeknya meninggal. Semua keluarga sedih. Semua menangis. saat itu Ibu memandangnya ketika tiba giliran Dia mengucapkan selamat tinggal kepada kakek. Ibu bertanya padanya. ” Apakah kamu tau bagian tubuh yang paling penting, Sayang?”

Dia terkejut ketika Ibu bertanya seperti itu. Ibu melihat kebingungan di wajah anaknya lalu memberitahukan bahwa “pertanyaan ini sangat penting. ini akan menunjukkan padamu apakah kamu sudah benar-benar ‘hidup’. Untuk semua bagian tubuh yang kamu beritahu padaku dulu, aku selalu berkata kamu salah dan aku telah memberitahumu kenapa. Tapi hari ini adalah dimana kamu harus mendapat pelajaran yang sangat penting”. Ibu memandang Dia dengan wajah keibuan. Terlihat matanya penuh dengan air. Lalu sang ibu berkata ” Bagian tubuh yang paling penting adalah bahumu.”

Dia terheran lalu bertanya kepada Ibu “Kenapa?, apakah fungsinya menahan kepala?”. Ibu membalas “Bukan, tapi karena bahu dapat menahan kepala seseorang teman atau orang yang kamu sayangi ketika mereka menangis. kadang dalam kehidupan ini, semua orang perlu bahu untuk menangis. aku cuma berharap kamu punya cukup kasih sayang dan teman-teman agar kamu selalu punya bahu untuk mengangis kapan pun kamu membutuhkannya.”

Bagian tubuh paling penting adalah tidak menjadi orang yang memntingkan diri sendiri. Tapi, simpati terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain. orang akan melupakan apa yang kamu katakan. Orang akan melupakan apa yang kamu lakukan. Tapi, orang tidak akan pernah lupa bagaimana kamu membeuat mereka berarti.

Permalink Tinggalkan sebuah Komentar

3 – 2 HIMATIKA Vs HMM

15 Januari 2009 at 1:29 am (Uncategorized)

Subhanallah…Dahsyat. ternyata Tim Sepak Bola Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) ITB menang lawan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) dala laga Olimpiade ITB 2009.

Kompetisi sepak bola tersebut menggunakan sistem setengah kompetesi atau sistim grup, dimana HIMATIKA, HMM dan HMFT berada dalam 1 grup. Hanya tim yang menjadi juara grup saja yang dapat lolos ke babak 8 besar. Sebenarnya aku pengen ikut memperkuat tim HIMATIKA pada olimpade kali ini. Tapi berhubung udah lulus akhirnya di minta menjadi coach.. yah tak apalah aku yakin HIMATIKA pasti bisa jadi juara..

Pertandingan lawan HMM cukup menegangkan untung saja tim himatika mempunyai barisan belakan yang disiplin. selain itu juga posisi aku dulu yaitu DM diganti ama anak 2007..wew ternyata dia jago juga bahkan lebih gigih dari aku… gol pertama HIMATIKA di cetak oleh Ari Gunawan pada menit ke 8. selanjutnya oleh chandra pada menit ke 25. dan terakhir gol dari ihsan pada menit ke 68. sementara HMM hanya mampu mencetak 2 gol yaitu pada menit ke 34. dan pada menit ke 73.

sebenarnya banyak peluang-peluang yang tercipta di himatika namun tidak dapat diselesaikan dengan maksimal. Himatika yang menggunakan formasi 4-4-2 sejak menit menit awal sudah menggempur kesebelasan Mesin habis-habisan.  pemain belakang (Hamzah, Jono, Agus, Ekjun), Tengah (Prasandi, Irianto, Ihsan, Chandra), Depan (Meji, Ari). menit ke 26 Hamzah (bek kanan HIMATIKA) diganti dengan Napit.  Tak lama kemudian setelah chandra mencetak gol dia meminta untuk di ganti Idho karena kelelahan, maklum sepanjang pertandingan sangat ketat sehingga memaksa seluruh pemain HIMATIKA lari terus sepanjang pertandingan.  pada menit 75 Napit cerdera sehingga harus diganti dengan Atang. Pada babak kedua HMM baru menunjukkan permainan yang sebenarnya (ibarat ganti oli) stamina, dan kecepatan semua di kerahkan. bahkan beberapa kali HMM nyaris membobol gawang himatika namun dapat dihalau oleh Thesar (penjaga gawang) HIMATIKA.  performa yang baik untuk tim himatika. yang patut di garis bawahi disini adalah HIMATIKA Mengalahkan Juara GFL (Ganesha Foot Ball Ligue) tahun lalu. Bravo HIMATIKA..Capailah puncak-puncak kejayaan Sepak Bola ITB tahun ini..

Permalink 1 Komentar

Ulang Tahun

6 Desember 2008 at 3:11 am (Uncategorized)

Tanggal 4 kemarin satu persatu pesan masuk gak cuma dari sms tapi dari FS, face book, dan email…

Kalo temen dekat atau orang yang kenal aku mengucapkan  selamat ini biasa..tapi yang luar biasa adalah banyak juga orang-orang yang belum ku kenal tapi juga memberikan ucapan selamat… semoga aku bukan di kenal karena keburukann melainkan karena kebaikan yang pernah kuperbuat untuk mereka..

Saat ini umur ku 23 tahun andaikan aku baru bisa bisa membedakan mana yang baik dan buruk sejak 10 tahun yang lalu,andaikan tiap hari aku tidur 8 jam berarti umur efektifku hanyalah baru 6,6 tahun..
yang jadi pertanyaan adalah apakah di 6,6 tahun umurku tersebut aku telah pergunakan dengan baik atau tidak?, apakah kehadiranku memberikan manfaat bagi orang lain atau tidak?, dan apakah aku telah menjalankan ibadah dengan baik atau tidak?

Aku yakin Allah SWT masih mengizinkan aku hidup lebih lama agar aku dapat memperbaiki diri dan memberikan kesempatan kepada aku untuk menegakkan Agama Allah..

kehidupan dapat diibaratkan sebagai fungsi sinusoidal sehingga turunan fungsi tersebut[ f ‘ (t)] di setiap t bisa bernilai negatif atau positif, tapi tugas kita adalaah menjaga  agar selalu  f(t) > O, Dan tujuan akhir kita adalah bagaimana agar Lim (t-> tak hingga) maksimal. artinya ketika sakaratul maut kita mampu mengatakan kalimat ” La ilaaha illallah Muhammadarrasulullah ” dan berada dalam keadaan khusnul khatimah.

” Ya Allah,  jadikanlah akhir hayat kami khusnul khatimah dan termasuk orang-orang yang syahid di jalan-Mu “ Semoga Allah selalu memberikan cahayanya kepada kita semua. Amien…

Permalink 4 Komentar

Jangan Rusak Dirimu

4 November 2008 at 12:57 am (Uncategorized)

Tiga sifat manusia yang merusak dirinya adalah

Kikir yang dituruti

Hawa nafsu yang diikuti

SIfat yang mengagumi diri sendiri yang berlebihan

Permalink Tinggalkan sebuah Komentar

Menuju Harapan

19 Oktober 2008 at 12:47 am (Uncategorized)

Anda adalah perahu kokoh yang sanggup menahan beban, terbuat dari kayu terbaik, dengan layar yang gagah menentang angin. Kesejatian anda berlayar mengarungi samudra, menembus badai dan menemukan pantai harapan. Sehebat apapun perahu diciptakan, tak ada gunanya bila terlambat di dermaga. Dermaga adalah masa lalu anda. Tali penambat itu adalah ketakutan dan penysalan anda. Jangan buang percuma seluruh daya kekuatan yang dianugerahkan pada anda. Jangan biarkan masa lalu menambat anda di sana. Lepaskan diri anda dari ketakutan dan penyesalan. Berlayarlah, bekerjalah dengan penuh suka-cita.

Yang memisahkan perahu dengan pantai harapan adalah topan badai, gelombang dan batu karang. Yang memisahkan anda dengan keberhasilan adalah masalah yang menantang. Di situlah tanda kesejatian teruji. Hakikatnya perahu adalah berlayar menembus segala rintangan. Hakikat diri anda adalah berkarya menemukan kebahagiaan.

Permalink 2 Komentar

Next page »